GPP, Adakan Dialog Kebangsaan Sekaligus Deklarasi dI Tugu Proklamasi

Jakarta — Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) memperingati hari lahir Pancasila, yang berlangsung hari ini, Sabtu ,1Juni 2019. Berlokasi di area Tugu Proklamasi dan digelar dialog kebangsaan bertemakan “Bumikan kembali Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa “.

Acara ini dihadiri oleh Dr.Ngatawi Al-Zastrouw, Sag., MSi seorang budayawan, Dr.Antonius D.R Manurung, MSI seorang Dosen Psikologi dan  Ketua Umum Gerakan Pembumian Pancasila dan dr. Andy Talman Nitidisastro Sekretaris Dewan Pakar PA GMNI.

Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, dalam pandangan Soekarno, Pancasila sebagai ideologi nasional memiliki karakter khusus dan utama. Pancasila adalah cara pandang dan metode berpikir bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita hidupnya yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Seiring dengan maksud dan tujuan utama organisasi ini sebagal berikut: Pertama, merevitalisasi secara obyektif dan berintegritas kedudukan Pancasila sebagai ideologi nasional sesuai isi pidato The founding Father (Bung Kamo) 01 Juni 1945 Pembukaan UUD 1945 dan amanat proklamasi 17 Agustus 1945. Kedua, melakukan reaktualisasi pemahaman secara komprehensif dan holistik setiap warga bangsa tentang nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup dan keperibadian bangsa melalui metode sosialisasi dan diskusi, melalui suatu kerja sama baik secara personal maupun kelompok atau institusional. Ketiga, mendorong semua pihak baik swasta maupun pemerintah untuk melakukan akselerasi menuju tercapainya masyarakat gotong royong sebagai model permanen tatanan sosial Indonesia menuju bangsa yang berkeadilan, berkemanusiaan dan berketuhanan melalui berbagai pendekatan dan program kerja.